Friday, August 22, 2014

Bisnis rental mobil adalah salah satu usaha yang jika serius ditekuni akan memberikan peningkatan terhadap pendapatan bahkan dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan utama. Bagi kebanyakan orang yang datang ke suatu daerah apalagi kota besar yang berjarak jauh dan tidak memungkinkan untuk membawa kendaraan sendiri akan lebih memilih rental mobil saja untuk aktivitas mereka di daerah tersebut apalagi jika kegiatan tersebut hanya diperlukan beberapa saat saja menggunakan mobil sedangkan diwaktu lainnya dapat menggunakan kendaraan umum. Sehingga salah satu peluang bisnis rental mobil inilah yang menjadi salah satu sumber tambahan pendapatan bagi mereka yang memiliki mobil lebih dan dapat diefektifkan sebagai sumber pendapatan tambahan bahkan dapat dijadikan ide usaha utama yang dapat dikembangkan baik sebagai usaha bisnis rental mobil rumahan atau sekalian untuk bisnis rental secara komersil.  



Bisnis Rental Mobil


Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam bisnis rental mobil sebagai sumber pendapatan utama adalah perlunya modal awal yang digunakan sebagai pengadaan mobil artinya jika sudah punya satu atau dua mobil yang direntalkan sedangkan pelanggannya sudah mulai banyak maka perlu dipikirkan apakah akan menambah mobil  atau cukup dengan jumlah mobil yang ada. Apabila ada pemikiran untuk pengadaan mobil maka ada beberapa alternatif yang dapat digunakan yaitu pertama membeli dengan cara tunai, tentu saja diperlukan modal yang sangat besar dan sumber dana yang akan digunakan, tetapi jika memang memungkinkan lebih baik membeli dengan cara tunai karena tidak menanggung resiko biaya tetap yang harus dikeluarkan untuk angsuran mobil jika membeli mobil dengan cara kredit, meskipun tetap ada biaya yang harus dikeluarkan seperti asuransi kecelakaan dan kebakaran atau kehilangan.  

Kedua, Pengadaan mobil dengan cara kredit, sangat perlu pertimbangan dan perhitungan yang matang, perhitungan yang paling terlihat adalah apakah pendapatan dari bisnis rental mobil tersebut dapat menutupi jumlah angsuran bulanan yang harus ditanggung apalagi jika bisnis rental mobil tersebut masih terbilang baru dan belum banyak dikenal oleh masyarakat dan marketing yang digunakan masih terbatas, sehingga harus ada dana cadangan untuk dapat menutup angsuran bulanan jika mobil yang direntalkan tidak sesuai dengan harapan. Ketiga, pengadaan mobil dengan cara bekerja sama dengan saudara , teman atau relasi yang memiliki mobil yang dapat direntalkan dan mau bekerja sama. Dengan cara ini tidak ada biaya besar yang dikeluarkan tetapi biasanya mereka minta diasuransikan dimana biaya asuransi menjadi tanggungjawab pengusaha bisnis rental mobil tersebut. 

Ada juga bentuk kerja sama bisnis rental mobil berupa investasi untuk pembelian mobil yang kemudian direntalkan dan membagi keuntungan setelah dikurangi biaya operasional perawatan mobil terlebih dahulu. Hal terpentingnya adalah sebuah kepercayaan yang harus dipertanggungjawabkan apabila bekerja sama dengan beberapa pihak untuk pengadaan mobil dan sebaiknya ada perjanjian di atas kertas tentang bagaimana bentuk kerja sama tersebut apakah bulanan atau tergantung pada pemakaian selama bisnis rental mobil.

Fans Page

Popular Post

Jasa Kitchen Set Murah

Grosir Obat Herbal

Powered by Blogger.

- Copyright © Bisnis Rental Mobil - Powered by Blogger-